Kamis, 13 Maret 2014

# PERINGATAN #

Narkoba Bukan Pilihan Buatmu, Anakku!


Oleh Herawati Suryanegara
Anakku..
Simak baik-baik nasihatku. Banyak remaja seusiamu yang telah menjadi korban dari penggunaan narkoba. Mereka menghancurkan hidup dan masa depannya dengan sia-sia. Peristiwa demi peristiwa itu demikian menyentuh hatiku untuk mengajakmu berfikir ulang dan mengingatkanmu tentang bahaya narkoba. Sungguh miris menyaksikanmu, hidup dalam kesukaran seperti itu.Memilih narkoba sebagai teman baikmu, bukanlah  pilihan yang baik, itu akan menenggelamkan mu dalam kesukaran demi kesukaran. Menggunakan narkoba lalu masuk penjara, over dosis lalu mati sis-sia, diusia yang masih teramat muda... No..!
Penyalah gunaaan narkoba yang sering kalian lakukan adalah penggunaan narkoba tanpa pengawasan dokter dan bukan untuk tujuan medis, digunakan secara berkala dan terus menerus, sehingga si pengguna tidak mampu berfungsi secara wajar tanpa narkoba.
Jenis narkoba yang sering disalahgunakan adalah ganja, putau, kokain, sabu, ectacy, nipam, rohipnol, dumolip, BK, dextro, tramadol atau bisa juga lem aibon, lotion nyamuk dll.Ini semuanya berbahaya untukmu..!
Bila alasanmu  menjadi pemakai karena :
1.Pengaruh teman.
Bila kalian temukan temanmu pakai narkoba, ingatkan bahaya narkoba kepada temanmu sebagai tanda kasih sayangmu kepadanya . Jangan  malah ikut menggunakan. Ingat... keinginan untuk coba-coba harus dibuang jauh-jauh. Ga penting banget kalian mencoba. Bahaya fatal mengintai  setelah coba-coba, kalian nanti  ketagihan. Setelah ketagihan, karena uang yang tak mencukupi akhirnya menjadi pengedar...!setelah menjadi pengedar lalu ketangkap.. masuk deh ke penjara.mau..?
Tentu tidak, bukan? Karena itu jangan pernah mencoba-coba. Dalam keadaan tidak sadar dibawah pengaruh narkoba banyak perilaku menyimpang dan beresiko akan mampu kalian lakukan, karena kesadaran dirimu berkurang.  Tak sedikit kaum remaja putri dari kalanganmu kehilangan kegadisannya, tak sedikit pula remaja putra melakukan tindakan kriminal ,pencurian, perkosaan, penganiayaan bahkan pembunuhan.
Sereeeeeeem.... jadi, apa untungnya menggunakan narkoba?
2.Desakan ekonomi, kekacauan hubungan dalam keluarga, kurangnya perhatian orang tua.
Banyak remaja dari8 kalian menggunakan narkoba dengan alasan frustasi karena keadaan ekonomi yang kurang dan merasa tidak mendapat perhatian orang tua. Bila kalian menggunakan narkoba sebagai jalan pintas dengan dalih sebagai pelarian untuk bisa melupakan keruwetan hidup, itu salah besar..!. Percayalah, masalahmu malah akan tambah ruwet dengan narkoba bahkan semakin memburuk .  Membeli narkoba ekonomi dan keuanganmu ,juga keuangan keluargamu akan  semakin parah. Kebutuhan dan dosis yanhg semakin meninggi saat uang tak ada lagi, mengakibatkan kalian mau berhutang disana-sini. Tak mampu bayar, kamu bakal dikejar-kejar bandar ! hiduppun menjadi tak tenang. Orangtua pasti   kesal dengan perilaku yang demikian akibatnya hubunganmu dengan orang tua semakin memburuk. Banyak kasus remaja seabayamu yang tega mencuri uang orang tuanya untuk dibelikan narkoba. Padahal uang tersebut untuk digunakan memenuhi kebutuhan primer sekeluarga.  Sang anaki menjadi raja tega. Hasil jerih payah orang tua dipakai buat mabuk-mabukan.
3.Frustasi karena ketidak mampuan mengikuti pelajaran.
Bayak juga kasus ditemukan pelajar yang asalnya rajin, disiplin  dan pintar tiba-tiba berubah menjadi pemalas, suka melanggar peraturan sekolah dan prestasinya menurun. Setelah diselidiki ternyata, ia mulai menggunaka narkoba karena stress dengan pelajaran. Padahal dengan menggunakan narkoba, ribuan sel dalam otaknya akan melemah dan mati tak berfungsi. Apakah itu yang kalian ingin ? tentu tidak.. narkoba tidak akan membuat kalian menjadi bertambah pintar.
4.Ditinggal pacar
Ini juga alasan yang kerap digunakan. Ditinggal pacar kok mabuk..? cari pilihan lain dong ! cari cara yang  bisa membuat pacarmu menyesal telah meninggalkanmu. Kalau mabuk narkoba, malah akan membuat pacarmu beruntung telah meninggalkanmu. So, ditinggal pacar bukan akhir dari segalanya. Masa depan masih terbentang luas meski tanpa pacar sekalipun. Hidup masa mudamu bukan untuk pacaran saja ,toh..?
Nah , tidak ada alasan buatmu untuk menggunakan narkoba. Lalu bagaimana dong, kalau sudah terlanjur menggunakan..? coba simak  dari hal dibawah ini :
1.Narkoba menimbulkan kerusakan fisik biologis ; rusaknya berbagai organ vital tubuh seperti otak, jantung ,lever, paru-paru, ginjal. Daya imunitas berkurang, muncul berbagai macam penyakit fisik dari yang ringan sampai berat ; hepatitis C, PMS/penyakit menular seksual, HIV/AIDS yang ditularkan jarum suntik dan hub. Seksual.
2.Narkoba menimbulkan kerusakan spiritual ; menjadi malas untuk beribadah, malas berbuat baik, tidak peka terhadap sekeliling. Dalam otak terdapat God spot tempat bertahtahnya iman
3.Narkoba juga menimbulkan kerusakan sosial ; terkucil, berteman hanya dengan sesama pemakai, tergiring melakukan tindakan kriminal/mencuri,melukai orang lain bahkan membunuh
4.Apa itu tujuan hidupmu..?
5.Tak ada saran lain selain bagi yang masih menggunakan  “cepat tinggalkan atau mati sia-sia...!”
**Sumber “Sosialisasi Penanggulangan Narkoba dan HIV-AIDS” oleh DR.H .Isep Zaenal Aripin, M.Ag (Penyuluh BNN Prov. Jawa Barat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar